10 Tips Cara Mudah Mengatasi Insomnia

10 Tips Cara Mudah Mengatasi Insomnia – Pernahkah anda mengalami kesulitan ketika ingin tidur dan terjaga hingga larut malam? Padahal tubuh dan pikiran anda terasa amat lelah, rasa kantuk sangatlah kuat tapi anda tak kunjung bisa tidur. Atau mungkin anda bisa tidur tapi tiba-tiba malah terjaga di tengah malam atau bangun terlalu awal dan tidak bisa tidur lagi? Sesungguhnya anda sedang mengalami apa yang dinamakan orang Insomnia.


10 tips cara mudah mengatasi insomnia 10 tips cara mudah mengatasi insomnia


Insomnia adalah suatu gejala kelainan yang kadang dialami oleh manusia berupa kesulitan berulang untuk tidur. Pria, wanita, tua maupun muda bisa saja terkena insomnia. Hal ini dikarenakan insomnia bukanlah suatu penyakit, tetapi merupakan suatu gejala yang memiliki berbagai penyebab, seperti kelainan emosional, kelainan fisik dan pemakaian obat-obatan. Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit, pola tidur yang tidak teratur, pola hidup yang tidak sehat, atau adanya permasalahan psikologis seperti stress yang berkepanjangan. Gejala insomnia diantaranya berupa :


  1. Sulit tidur walaupun sudah lama di tempat tidur.

  2. Mudah tidur tetapi malah terbangun terlalu dini dan tidak bisa tertidur lagi hingga pagi

  3. Tertidur tapi selalu terbangun tengah malam.

  4. Penderita insomnia akut kadang tidak tidur selama berhari-hari meskipun merasa sangat mengantuk dan keinginan untuk tidur sangat besar.

Insomnia bisa disebabkan beberapa hal diantaranya yaitu :


  1. Gaya hidup tidak teratur. Biasanya disebabkan beberapa daktor seperti keseringan main game, internetan hingga larut, menonton TV, tidur dengan perut kosong, tidur dengan perut kekenyangan, konsumsi alkohol, nikotin, dll

  2. Gangguan psikologis dan emosional. Biasanya memiliki permasalahan kehidupan baik itu masalah keluarga, masalah ditempat kerja, memiliki beban hidup, frustasi, dan trauma bisa menjadi penyebab insomnia

  3. Dalam kondisi sakit atau akibat efek samping obat. Rasa perih, sesak, nyeri, dan rasa sakit lainnya yang disebabkan oleh penyakit seperti asma, sakit kepala, migrain, maag, stroke dll terkadang membuat susah tidur. Efek dari obat juga ada yang bersifat seperti kafein yang membuat anda berpikir macam-macam

  4. Lingkungan yang tidak kondusif. Kondisi lingkungan yang mengganggu juga dapat menyebabkan insomnia. Contohnya rumah yang didekat rel atau stasiun kereta api, bandara, warga sekitar yang sering membuat keributan, dan lain-lain.

Tentunya Insomnia akan sangat mengganggu apalagi jika kita memiliki rencana atau kegiatan pada keesokan hari misalnya. Pada insomnia akut akan lebih parah karena akan sangat menggangggu produktivitas kerja, pusing berkepanjangan, kurang darah, tak bisa konsentrasi, dan mudah marah. Untuk para wanita tentunya akan mempengaruhi kecantikan sebab insomnia berkepanjangan kadang menyebabkan warna hitam disekeliling mata. Bagi anda yang sedang menderita insomnia, Berikut Tips Cara Mudah Mengatasi Insomnia.


1. Menjauhkan gadget dari tempat tidur.

Salah satu kebiasaan buruk masyarakat modern adalah sering membawa gadget ke tempat tidur sehingga kita tidak akan fokus untuk beristirahat. Selain dapat mengganggu tidur, radiasi yang dihasilkan oleh telpon genggam ataupun gadget lain ternyata juga dapat mengganggu fungsi otak dan dapat menurunkan fungsi organ-organ seksual.


2. Hindari melihat jam.

Bila Anda terus-terusan melirik ke arah jam saat larut malam, tidur Anda akan tersiksa. Anda akan terus menerus merasa khawatir dengan sisa waktu tidur sebelum hari sibuk Anda yang lain dimulai. Jika Anda salah satu dari orang tersebut, maka Anda harus menempatkan jam di dalam laci, bawah tempat tidur, atau putar ke arah yang bertentangan dengan jarak pandang Anda.


3. Hindari kafein

kafein dalam segala bentuk setelah makan siang (kopi,the,coklat,cola dan beberapa minuman ringan  lainnya yang mengandung stimulan ini, begitu pula obat-obatan yang dijual bebas atau harus ditebus dengan resep dokter, periksalah label komposisinya). Ini adalah hal terakhir yang dibutuhkan olah imsomnia sukar tidur.


4. Mandi air hangat

Mandilah yang lama dan senyaman mungkin dengan air hangat  sebelum berangkat tidur. (cara ini dapat menurunkan ketegangan otot-otot tubuh, sehingga Anda dapat rilek betul sebelum tidur).


5. Olah raga teratur

Cara lain untuk mengatasi insomnia adalah dengan rajin berolah raga. Kita tentunya sudah tahu jika olahraga dapat memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan serta dapat mencegah berbagai macam gangguan-gangguan kesehatan termasuk gangguan tidur. Olahraga jogging adalah salah satu jenis olahraga yang dikatakan mampu meningkatkan kualitas tidur anda. Bagi anda penderita insomnia, disarankan untuk berolah raga di pagi hari dan sedikit olah raga ringan beberapa jam menjelang tidur.


6. Konsumsi pisang dan almond

Konsumsilah makanan yang mengandung potasium dan magnesium tinggi seperti pisang dan kacang almond. Selain dapat membuat tidur anda lebih nyenyak, kandungan triptofan dalam buah pisang ternyata juga dapat menenangkan hormon otak sehingga anda bisa cepat tidur.


7. Mengatur ruangan tidur anda

Aturlah  ruang tidur senyaman mungkin. Ciptakan suasana yang tenang dan gelap. Gunakanlah bantal atau selimut yang bersih dan segar dan jaga suhu ruangan senyaman mungkin (jangan terlalu panas atau dingin).


8. Mematikan Cahaya

Cahaya sangat mempengaruhi proses produksi dari hormon melatonin. Cahaya yang terang akan menghambat proses produksinya, dan tidak adanya cahaya akan mendorong proses produksinya. ada baiknya mematikan TV, komputer, atau peralatan sumber cahaya lainnya satu jam sebelum tidur. Tutupi dengan kain gelap semua peralatan sumber cahaya yang tidak bisa dimatikan.


9. Menenangkan diri

Hilangkan semua kecemasan ketika tidur. jangan biarkan diri Anda memikirkan kesalahan yang telah Anda perbuat tadi siang. Sekarang Anda sedang tidak bekerja. Maksudnya adalah mengkaitkan dipan atau kasur dengan tidur.


10. Melakukan aktifitas berulang yang membosankan

Bacalah buku atau lakukan sesuatu secara berulang-ulang aktivitas Anda yang membosankan, seperti menjahit. bisa juga dengan menghitung secara perlahan serupa dengan aktivitas hipnotis. Dengan membayangkan citra monoton yang terus menerus, mungkin akan membuat Anda bosan dan akhirnya dapat tidur. Cobalah untuk tidak menonton televisi atau mendengarkan radio. Gangguan seperti ini akan meminta perhatian Anda dan menyebabkan terus terjaga.


10 Tips Cara Mudah Mengatasi Insomnia yang telah disebutkan diatas tentunya sangatlah mudah dan praktis untuk dilakukan.  Selain itu cara tersebut tergolong ‘aman’ bila dibandingkan apabila anda mengkonsumsi obat tidur yang akan berdampak bagi kesehatan anda nantinya. Penggunaan obat tidurpun sebenarnya diperbolehkan walaupun sangat tidak dianjurkan karena ditakutkan malah menyebabkan ketergantungan. Jangan sampai anda malah tidak bisa tidur sama sekali jika tidak mengkonsumsi obat tidur.


Cukup sekian artikel kali ini mengenai 10 Tips Cara Mudah Mengatasi Insomnia. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk anda. Salam..!!


 


 


 



10 Tips Cara Mudah Mengatasi Insomnia

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "10 Tips Cara Mudah Mengatasi Insomnia"

Posting Komentar